Home Industry Mampu Tekan Angka Kemiskinan

Jika digarap dengan benar, industri rumah tangga mampu menurunkan jumlah pengangguran dan angka kemiskinan sesuai visi Millenium Develompment Goals (MDGs). Kabupaten Pidie Jaya dengan home industry andalan kue ade terbukti mampu mengurangi jumlah penduduk miskin di kabupaten yang kini dipimpin M Gade Salam itu.
Pj. Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi Bappeda Pidie Jaya, Muhammad Rabiul, ST, MT, menyebutkan, saat ini di Pidie Jaya tercatat 15 pengusaha kue ade, dengan tingkat produksi 2000 – 2500 kota per hari dan dipasarkan dengan harga Rp 15 ribu – 25 ribu per kotak.
Dengan demikian, perputaran uang dalam masyarakat Pidie Jaya, dari kue ade saja mencapai Rp. 60.000.000,-/hari. Sebuah angka fantastis untuk sebuah kabupaten baru yang berpenduduk hanya sekitar 100 ribu jiwa. Sementara serapan tenaga kerja dari sektor ini berkisar antara 5 – 16 orang per usaha, dengan pendapatan rata-rata Rp. 80 ribu/orang/hari.
Menurut Rabiul, ade telah dikenal lama di Pidie Jaya, dan baru digarap secara maksimal sejak tahun 2007. “Di bawah tahun 2007 orang telah mengenal Ade Kak Meutia, tapi tak diproduksi dalam jumlah besar. Pemkab kemudian membantu pengusaha ade untuk menggarap potensi ini secara maksimal dan kini menjadi ikon Pijay,” ujar Rabiul kepada Tabangun Aceh saat ditemui di Taufik Kupi Sigli, Minggu (16/10).
Diakui Rabiul, setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing untuk digarap dan menjadi lahan pengembangan ekonomi rakyat. “Tak ada salahnya sebuah daerah menggelar sayembara makanan khas yang inovatif dengan bahan baku tertentu dan kemudian dijadikan fokus pembinaan dan bahkan menjadi daya tarik wisata kuliner. Jika pergi ke Meureudu kita bawa oleh-oleh ade, maka pergi ke daerah lain akan ada oleh-oleh berbeda,” papar Rabiul serius. [hasan basri m nur]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s