SMKPP Saree Tuntun Siswa Jadi Pengusaha

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMKPP) Saree mengarahkan siswa-siswinya untuk menjadi pengusaha di bidang keahlian yang ditekuni selama menjalani masa pendidikan di sekolah itu. Dalam menggapai misi itu, manajemen sekolah telah menyiapkan berbagai strategi. Selain mengarahkan kurikulum yang berimbang antara teori dan praktik, manajemen sekolah juga terus menyiapkan berbagai fasilitas pendukung agar alumninya betul mempunyai skill, kemandirian, relasi dan keberanian.
“Itu semua kami lakukan agar alumni SMKPP menjadi sosok yang mandiri dan bermental wirausaha yang akan menciptakan lapangan kerja. Kami arahkan siswa-siswi di sini untuk tidak menjadi beban bagi negara, melainkan ikut membantu negara dalam menciptakan lapangan kerja baru,” demikian dikatakan Kepala SMKPP Saree, Maswadi, SP, M.Pd, kepada Tabangun Aceh, Sabtu (1/9/2012) saat ditemui di komplek sekolah tersebut.
Didampingi Kabag TU, Muhammad Amin, SP, M.Si, Maswadi bercerita panjang lebar tentang visi dan misinya dalam menggerakkan SMKPP menjadi sekolah teladan yang siap melahirkan tenaga-tenaga terampil di bidang pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membekali siswa dengan materi praktik. “Kepada siswa kami bekali 40 persen teori dan 60 persen praktik lapangan. Siswa mendapatkan ilmu dan dapat langsung mengamalkannya. Inilah salah satu kelebihan sekolah kejuruan,” kata Maswadi.
Kebijakan itu berlaku bagi semua jurusan di SMKPP Saree, termasuk untuk siswa jurusan peternakan yang berstatus grade A. “Di Prodi Peternakan ada mata pelajaran wirausaha berkelompok. Setiap kelompok terdiri 5 orang dan kepada mereka diberi modal 5 ekor sapi untuk diternakkan. Uang dari hasil usaha ini menjadi dana prodi dan dapat digunakan untuk keperluan extra kurikuler siswa,” urai pria ramah dan bervisi jauh ini.
Pada penghujung masa pendidikan, kata Maswadi, siswa-siswi wajib mengikuti pendidikan magang di perusahaan-perusahaan sesuai bidang masing-masing. “Untuk kelas peternakan siswa wajib magang di perusahaan-perusahaan ternak. Dalam hal ini kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta termasuk dengan PT Pokphand,” katanya.
“Setelah melalui pembinaan selama 3 tahun, maka tidak diragukan lagi kemampuan beternak mereka. Mereka akan menjadi peternak-peternak profesional yang siap menjadi wirausahawan baru di Aceh. Mereka telah tersadar bahwa berwirausaha itu jauh lebih menjanjikan pendapatannya dibanding menjadi PNS. Ini telah dibuktikan oleh beberapa alumni dan mereka tetap melakukan koordinasi dengan sekolah,” sambung Kabag TU SMKPP, Muhammad Amin.
Selain itu, lanjut Maswadi, ke depan pihak SMKPP akan menyiapkan koperasi sebagai jaminan meminjam dana ke bank untuk modal awal bagi alumni, sehingga tidak ada alasan lagi bagi mereka menjadi penganggur. “Sementara untuk pembinaan mental siswa, secara rutin 5 kali sehari dilakukan pembinaan di musalla. Ini semata-mata agar terbentuk karakter mulia serta ada perimbangan kehidupan dunia dan akhirat. Mereka akan terikat nilai-nilai agama dalam berusaha,” ujar Maswadi sembari menambahkan ada beberapa negara Timur Tengah yang meminta alumni SMKPP untuk bekerja di sana.
Untuk menyempurnakan sekolah, manajemen SMKPP akan meyakinkan Pemerintah Pusat agar mengucurkan dana APBN untuk membangun satu unit pemasaran di bagian depan sekolah yang bersisian dengan badan jalan negara di puncak Gunung Seulawah. Hasil-hasil produksi siswa-siswi SMKPP nantinya akan dipasarkan melalui gerai pemasaran dalam keadaan segar.
Wacana membangun gerai pemasaran itu ternyata tidak main-main. Manajemen sekolah telah menyiapkan desain gambar dan RAB, serta telah menyediakan kavling tanah strategis sebagai lokasi pembangunannya. “Kami mohon dukungan Gubernur dan Wagub Aceh agar memberi rekomendasi untuk proyek ini sehingga tidak ada alasan bagi Pemerintah Pusat untuk mengelak mendanainya,” harap Maswadi, yang tentu juga harapan seluruh siswa SMKPP. [hasan basri m nur]

Note: Tulisan ini sudah pernah dipublikasi di Tabloid Tabangun Aceh, Edisi September 2012.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s