Mudik Itu Menyehatkan Lho!


Oleh: Raisya Sonia HM Zulfikar Noor
Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
Email: raisyasonia@rocketmail.com
FB: Raisya Sonia

Beruntunglah orang-orang yang punya kampung halaman, dan menyempatkan diri untuk mudik. Setiap tahun, khususnya dalam momentum liburan Hari Raya Idul Fitri, orang-orang di perantauan memanfaatkannya untuk pulang kampung (mudik). Mereka bahkan mengancang-ancang perencanaan jauh-jauh hari sebelum masa liburan itu datang.
Saya bersama ayah, adik-adik, tante dan beberapa sepupu memanfaatkan momen lebaran Idul Fitri 1433 lalu untuk mudik ke Aceh. Duh, sungguh menyenangkan rasanya mudik bareng keluarga di hari raya. Selain dapat menikmati aneka wisata kuliner saat istirahat di sepanjang jalan, suasana asri di desa dan bertemu sanak family sungguh menyenangkan. Ternyata ayah saya memiliki saudara yang banyak, ramah dan ini menjadi aset tak ternilai harganya dalam menapaki perjalanan hidup ini. Tidak hanya itu, kami juga dapat bertamasya ke tempat-tempat penting di Banda Aceh dan Aceh Besar seperti Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Kapal Apung, Waduk Keuliling hingga kaki Gunung Gurutee. Tapi sayang kami belum sempat ke Sabang yang kabarnya menakjubkan.
Melalui mudik itu kami dapat bersilaturrahmi yang mempererat tali persaudaraan, jumlah relasi pun bertambah. Perasaan senang bertemu sanak saudara di kampung masih membekas hingga saya telah kembali ke Medan. Perasaan gembira ini tentu akan berdampak pada makin membaiknya kualitas hidup dan ia tentu dapat memperpanjang umur. Itulah sebabnya agama Islam menganjurkan umatnya untuk selalu membina silaturrahmi yang salah satunya melalui mudik.
Saya berharap di lain kesempatan dapat kembali mudik. Sementara untuk kawan-kawan yang tinggal di kota, saran saya agar sesekali melakukan perjalanan jauh ke kampung. Jangan lupa siapkan camera untuk mengabadikan momen-momen penting dan pemandangan indah tentunya. [***]
= = = =
Tulisan ini sudah pernah dipublikasi di Tabloid Tabangun Aceh Edisi September 2012.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s