San Diego Hills, Kuburan Termahal di Indonesia

“Saya mau menjual apa saja harta benda untuk mendapat kavling makam disini andai ada jaminan akan bebas siksa kubur dan langsung masuk surga,” ujar Rina sambil bergurau.

Gambar

Seorang pengunjung tampak berdoa di salah satu sudut makam San Diego Hills

Dari jauh komplek makam yang dibangun oleh PT. Lippo Karawaci itu terlihat indah dan megah. Dua pintu gerbang keluar masuk kendaraan dijaga ketat petugas keamanan. Setiap pengunjung diwajibkan melapor dan mengambil kartu masuk, yang tentunya harus dikembalikan saat keluar usai berziarah. Itulah komplek pemakaman San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes.

Lahan pamakaman San Diego Hills berliku dan berbukit. Jalan-jalan di dalamnya sangat mulus dan sebagian dibelah dua; kiri dan kanan. Komplek pemakaman ini jauh dari kesan angker dan seram. Ia mirip tempat wisata yang mampu membuat pengunjung untuk betah berlama-lama disana. Selain terdapat beberapa gedung dan hamparan danau di tengahnya, taman-taman di San Diego tertata apik, bersih dan rindang, bahkan di beberapa bagian dihiasi semprotan air otomatis. Di beberapa tempat dipasang patung-patung manusia (lelaki, perempuan dan anak) yang terbuat dari beton bercat putih.

Komplek pemakaman ini diperuntukkan untuk manusia dari berbagai agama. Tidak ada kesan konflik antaragama disana. Meski begitu, pengelompokan makam berdasarkan agama tetap terlihat. Ada beberapa zona yang dikhususkan untuk penganut nasrani yang ditandai adanya patung-patung kristiani dan salib. Begitu juga untuk zona muslim.

Di beberapa tempat terlihat para pengunjung duduk di sisi makam yang diperkirakan adalah anggota keluarga mereka. Mulut mereka tampak komat-kamit sambil memperhatikan kitab suci di tangan masing-masing. Walau berasal dari keluarga yang sama dan mengunjungi keluarga yang sama, namun cara berpakaian mereka tampak berbeda. Ada yang mengenakan kerudung dan menutupi seluruh aurat, ada pula perempuan yang mengenakan celana jeans dan samar-samar tampak sebagian kulit pinggang ketika jongkok.

“Ya, begitulah cara orang-orang kota dalam berziarah dan berdoa sekarang ini. Tidak hanya seperti itu, bahkan dewasa ini ada anggota keluarga yang tidak bisa membaca Surah Yasin dan menyiasatinya dengan menghidupkan rekaman bacaan Yasin dari hand phone canggih milik mereka,” tutur Hajjah Rina (43), perempuan asal Pidie yang sudah lama menetap di Karawang. Begitulah, dan kita tidak mengetahui bagaimana respons malaikat dalam menyikapi fenomena ini.

Kuburan di San Diego Hills disebut-sebut sebagai kuburan termahal di Indonesia. “Itu makam yang terletak paling puncak pada tahun 2006 dibeli dengan harga 4,2 miliar rupiah,” kata seorang petugas keamanan yang ditemui di salah satu sudut Komplek San Diego Hills.

Sementara di sisi kiri tangga menuju ke makam yang terletak di paling puncak itu adalah makam seorang pengusaha kaya raya asal Kecamatan Delima, Pidie. Itulah makam H. Ibrahim Risyad dan keluarganya. Disini, selain terdapat makam H.Ibrahim Risyad yang meninggal pada tahun 2012, juga terdapat makam isterinya Dr. Zakiah Salim Risyad yang meninggal pada 2008, serta makam kakaknya H. Abdullah Risyad.

Khusus di kavling pemakaman keluarga Risyad terdapat sebuah balai yang diberi nama Balai Dr. Zakiah Risyad. Tidak diketahui pasti berapa harga untuk kavling pemakaman keluarga Risyad ini. “Saya tidak tahu harganya. Tapi yang pasti miliaran rupiah,” sambung petugas keamanan tadi.

Menurut informasi yang dilacak dari http://www.iwan82.com/sandiegohills-daftarharga, harga kavling kuburan di San Diego Hills bervariasi, sesuai letak dan ukurannya. Yang termurah ada pada kisaran Rp 27.000.000 (ukuran 1,5 x 2,6 meter). Berikutnya ada yang berharga Rp.2.019.912.000 (luas 76 meter untuk maksimal 4 makam) hingga  Rp 2,7 miliar  lahan kosong (92,8 meter).

Bayangkan bagi mereka yang membeli kavling makam dengan luas di atas 100 meter, harganya pasti berlipatganda. Tapi semua itu tetaplah makam. Sementara bagaimana kehidupan baru setelah kematian tentu sama sekali tidak bisa diukur berdasarkan harga makam seseorang. “Saya mau menjual apa saja harta benda untuk mendapat kavling makam disini andai ada jaminan akan bebas siksa kubur dan langsung masuk surga,” ujar Rina sambil bergurau.

Rasullah bersabda: Tatkala seseorang meninggal, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali (yang dibawaserta) hanya tiga hal; shadaqah jariyah, anak yang shalih yang senantiasa berdoa kepadanya, dan ilmu yang memberi bermanfaat bagi orang lain.

Maka, mari kita merenungi dan mempersiapkan tiga unsur yang akan setia menyertai kita di alam akhirat kelak sebagaimana pesan Rasulullah di atas, sebelum muncul rasa penyesalan dan terlontar kata-kata: Ya laitanii kuntu turaabaa (mengapa dulunya aku tidak menjadi tanah saja yang tidak dimintai pertanggungjawaban). [hasan basri m nur]

Gambar

Puncak San Diego Hills

 

Iklan

3 thoughts on “San Diego Hills, Kuburan Termahal di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s