Kapal Ekspor Tersedia, Barangnya Mana?

“Kalau barang ekspor mampu ditingkatkan, PT.Pelindo siap mendatangkan kapal lebih besar dengan kapasitas 500 ton. Begitu pula persediaan crane akan disesuaikan dengan jumlah barang yang diekspor,”

Budi Setiadi, ST, MM

Manager Teknik PT.Pelindo Wilayah I Perwakilan Krueng Geukueh

 

PT. Pelayaran Indonesia (Pelindo) Wilayah I Medan menyiapkan kapal barang dengan kapasitas 200 ton untuk melayani pengiriman barang dari dan ke Krueng Geukueh – Port Klang, Malaysia. Kapal ini berlayar rutin setiap dua minggu atau dalam sebulan dua kali. Permasalahannya, kapal ini saat datang (impor) barangnya penuh, namun saat berangkat (ekspor) sering tidak penuh atau hanya berisi setengah.

“Kapal sudah tersedia rutin dua minggu sekali dengan tujuan Port Klang, Malaysia, tapi barangnya yang mau diangkut ke Malaysia mana?,” tantang Budi Setiadi, ST, MM, Manager Teknik PT.Pelindo Wilayah I Medan Perwakilan Krueng Geukueh, Aceh Utara, kepada Tabangun Aceh, Rabu (17/6).

Budi menambahkan, Aceh harus diberi kesempatan yang sama dengan daerah lain di Indonesia dalam menjalankan aktivitas perdagangan dengan luar negeri, dan PT.Pelindo mendukung rencana Pemerintah Aceh untuk memperkuat perdagangan via laut dengan negara-negara tetangga.

“Hanya saja selama ini saat kapal tiba barangnya penuh, namum saat berangkat ke Malaysia hanya terisi setengahnya saja. Barang-barang yang diimpor dari Malaysia adalah makanan, minuman dan kacang kedelai. Sementara barang yang diekspor adalah sayur dan kentang,” tambah Budi sembari mengajak para pengusaha Aceh untuk menjajaki kebutuhan Malaysia untuk dapat dipasok dari Aceh.

“Kalau barang ekspor mampu ditingkatkan, PT.Pelindo siap mendatangkan kapal lebih besar dengan kapasitas 500 ton. Begitu pula persediaan crane (alat bongkar muat, red), disesuaikan dengan jumlah barang yang diekspor. Saat ini PT.Pelindo menyediakan dua crane kapasitas 45 ton. Untuk kapal kapasitas 200 ton, crane ini sudah memadai,” ujar Budi yang mengaku crane itu adalah hibah tsunami 2004.

Budi menambahkan, kalau minat mengirim barang via laut diminati oleh pengusaha Aceh, PT.Pelindo siap memanggil kapal dari Krueng Raya – Tanjung Priok untuk singgah dan memuat barang di Krueng Geukueh. “Pelindo sedang mencari cara untuk memanfaatkan jalur transit kapal Krueng Raya – Jakarta,” sambungnya.

Budi mencontohkan, kebutuhan sehari-hari warga Aceh seperti sabun, odol, sabun cuci dan lain-lain didatangkan dari Jakarta rata-rata 8-10 ton/hari. “Selama ini didatangkan dari Tanjung Priok ke Belawan. Nah kami mendorong agar barang-barang tujuan Aceh lebih baik didatangkan via laut,” katanya.

Walau PT.Pelindo di Krueng Geukeuh adalah perwakilan dari Wilayah I Medan (Belawan), Budi mengaku bersungguh-sungguh dalam menghidupkan Pelabuhan Krueng Geukueh. “Tapi, perlu diingat, ini adalah BUMN yang tetap menuntut provit. Dalam hal ini tidak ada istilah anak tiri dan anak kandung dalam memberi pelayanan,” aku Budi. (hasan basri m.nur)

Gambar

Iklan

One thought on “Kapal Ekspor Tersedia, Barangnya Mana?

  1. Ada beberapa hal yg saya akan klarifikasi,
    1. PT Pelindo I tidak menyediakan kapal untuk melakukan eksport maupun import. Adalah para memilik kapal yg menguasai pelayaran yg menyediakan kapal. Saya ceritakan bahwa selama ini kapal yg melakukan import adalah kapal dengan kapasitas 200 ton, dan ternyata menurut kawan kawan dipelayaran bahwa mereka ϐïśà untuk mendatangkan kapal kapastis 500 smpai 1000 ton bila muatannya ada.
    2. Potensi muatan yang ada di Aceh untuk produk makanan, sabun, pembersih, minuman dll dapat mencapai 8 sampai 10 container perhari. Bukan satuan ton.
    3. Pelindo I akan selalu berusaha untuk dapat mensinergikan jalur kapal kontainer yg sudah ada selama ini dr Krueng Raya ke Tj. Periok untuk dapat singgah ke Lhokseumawe. Tentunya bila telah terdapat komoditas dan muatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s