Dampak Pembukaan Jalan ke Pedalaman Aceh, Kampus di Langsa “Kebanjiran” Mahasiswa asal Galus

“Dengan adanya jalan tembus itu sebagian putra-putri Gayo Lues memilih melanjutkan studi di Kota Langsa. Inilah diantara dampak positif jalan itu bagi kemajuan pendidikan Aceh, khususnya Langsa,”

= Drs. H. Ibnu Sakdan, M.Pd =

Kepala Biro AUAK IAIN Langsa

= = = = = =

“Menurut informasi yang kami terima, jalan itu memang sudah tembus tapi kondisinya masih rusak dan terdapat beberapa sungai yang belum dibangun jembatan. Dengan kondisi yang masih belum layak pakai saja jalan itu sudah menimbulkan dampak positif bagi pembangunan, apalagi nantinya saat jalan sudah rampung,”

= Tgk. H. Mulyadi Nurdin, Lc, MH

Humas IAIN Zacola Langsa

Bukan hanya menimbulkan dampak positif bagi perekonomian rakyat, pembukaan ruas jalan dari Gampong Besar (Peurulak, Aceh Timur) ke Pining (Gayo Lues) via Lokop ternyata memberikan dampak posiitif bagi kemajuan dunia pendidikan di Kota Langsa. Beberapa perguran tinggi di Langsa mulai menerima dampak positif berupa “kebanjiran” mahasiswa asal Kabupaten Gayo Lues dalam dua tahun terakhir.

“Di IAIN Zawiyah Cot Kala saja kami menerima lebih 50 mahasiswa asal Gayo Lues. Ini belum lagi di Unsam dan kampus-kampus lainnya di Kota Langsa,” kata Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala (Zacola) Langsa, Drs. H. Ibnu Sakdan, M.Pd, kepada Tabangun Aceh, Senin (30/3) di Langsa.

Ibnu Sakdan menambahkan, fenomena kedatangan mahasiswa asal Gayo Lues belajar di kampus itu adalah merupakan dampak positif dari pembangunan jalan tembus Aceh Timur – Gayo Lues. Sebelumnya, kata Ibnu Sakdan, putra-putri Gayo Lues cenderung melanjutkan pendidikan tinggi ke Medan atau Banda Aceh.

“Dengan adanya jalan tembus itu sebagian putra-putri Gayo Lues memilih melanjutkan studi di Kota Langsa. Inilah diantara dampak positif jalan itu bagi kemajuan pendidikan Aceh, khususnya Langsa,” kata Ibnu Sakdan didampingi Humas IAIN Zacola, Tgk. H. Mulyadi Nurdin, Lc, MH.

“Menurut informasi yang kami terima, jalan itu memang sudah tembus tapi kondisinya masih rusak dan terdapat beberapa sungai yang belum dibangun jembatan. Dengan kondisi yang masih belum layak pakai saja jalan itu sudah menimbulkan dampak positif bagi pembangunan, apalagi nantinya saat jalan sudah rampung,” tambah Mulyadi Nurdin seraya berharap agar jalan itu segera rampung sehingga memudahkan transportasi mahasiswa asal Galus ke Langsa. (hasan basri m nur)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s